Jurnal Refleksi
Jurnal refleksi calon Guru Penggerak dalam proses penerapan hasil pembelajaran pendidikan Guru Penggerak.
Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara dengan menggunakan Model 1 (4F)
FUTURE (PENERAPAN KEDEPAN)
Melaksanakan pembelajaran berpusat pada murid dengan pembelajaran yang aktif dan berbasis project Penanaman nilai karakter (Budi Pekerti)
Refleksi kegiatan pembelajaran untuk perbaikan proses pembelajaran
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 tentang Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak dengan menggunakan Model Segitiga Refleksi
TARGET SELANJUTNYA
Merancang pembelajaran yang berpusat pada murid sesuai dengan kebutuhan murid.
Mengikuti pelatihan/workshop pengembangan diri.
Berkolaborasi dengan teman sejawat, berefleksi mengenai kegiatan pembelajaran, sharing praktik baik
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak dengan menggunakan Model Segitiga Refleksi
FUTURE (PENERAPAN KEDEPAN)
Melaksanakan pembelajaran berpusat pada murid dengan pembelajaran yang aktif dan berbasis project Penanaman nilai karakter (Budi Pekerti)
Refleksi kegiatan pembelajaran untuk perbaikan proses pembelajaran
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 tentang Budaya Positif dengan menggunakan Model Segitiga Refleksi
TARGET SELANJUTNYA
Memposisikan diri sebagai manajer dalam penanganan siswa
Mengimplementasikan segitiga restitusi dan intervensi 30 detik
Secara konsisten menjalankan keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama murid
Memahami kebutuhan belajar murid Refleksi hasil implementasi budaya positif
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dengan menggunakan Model Segitiga Refleksi
TARGET SELANJUTNYA
Melakukan asesmen diagnostik pada setiap mapel dan setiap capaian belajar yang berbeda untuk mengetahui kesiapan belajar.
Merancang pembelajaran berdiferensiasi (Diferensiasi konten, Proses, dan Produk)
Refleksi hasil implementasi bersama siswa dan rekan guru
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial emosional dengan menggunakan Model 4P
PENERAPAN KEDEPAN
Terus menerapkan pembelajaran yang terintegrasi dengan PSE untuk mewujudkan budaya positif disekolah yaitu agar siswa memiliki kesadaran diri, dan manajemen diri dalam pengelolaan emosi, kesadaran sosial, ketrampilan berelasi dengan teman sejawat, serta dapat melakukan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab pada pilihan-pilihan yang ada.
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3 tentang Pembelajaran Sosial emosional dengan menggunakan Model 4P
PENERAPAN KEDEPAN
Terus mengembangan percakapan coaching dengan alur tirta
Mendengarkan secara penuh pada saat percakapan (Mendengarkan dengan rasa)
meningkatkan kemampuan dalam memberikan pertanyaan berbobot agar coache benar-benar bisa menemukan solusi atas permasalahannya sendiri
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin dengan menggunakan Model 4P
PENERAPAN KEDEPAN
Terus belajar terkait penanganan kasus dilema etika dan bujukan moral
Literasi dan mengikuti workshop untuk lebih memahami materi pengambilan keputusan dari seorang pemimpin
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 tentang Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dengan menggunakan Model 4P
PENERAPAN KEDEPAN
Memahami berbagai gaya belajar siswa dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan memanfaatkan ruangan dan sarana yang tersedia.
Menggunakan teknologi dan sumber daya lainnya secara efektif untuk mendukung pembelajaran di kelas.
Mengembangkan budaya pembelajaran yang inklusif dan berfokus pada potensi siswa
Pengembangan diri dalam rangka memperbaiki sumber daya (Modal Manusia) untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar maupun kompetensi akademik guru
Download Jurnal : Klik Disini
Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 tentang Pengelolaan program yang berrdampak pada murid dengan menggunakan Model 4P
PENERAPAN KEDEPAN
Sebagai gambaran rencana implementasi (praktik) dari penerapan modul 3.3 ini adalah saya akan merancang pembelajaran yang yang dapat mendorong murid untuk menumbuhkembangkan voice, choice dan ownership dalam proses pembelajarannya. Program tersebut Melatih keterampilan dan mengembangkan pengetahuan murid dalam membangun jaringan komputer dengan mikrotik melalui program KoMIK (Komunitas Mikrotik)
Download Jurnal : Klik Disini