Modul 3.2
Modul 3.2 membahas tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin
Poin Tugas
Pada sesi ini, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Anda tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dan bisa memetakan aset berbasis kekuatannya baik pada diri sendiri maupun sekolah dalam pengelolaan sumber daya sekolah.Β
Β Β Β Β Β Β Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah, membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah, memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD), membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya.
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Ruang Kolaborasi Modul 3.2
Tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta CGP. membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya., Membuat daftar cara mengelola sumber daya., Cara mengelola sumber daya dengan peran guru masing-masing (Misal PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK)
Tautan Tugas Mandiri - Klik Disini
Poin Tugas
Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.Β Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Setelah memaknai konsep dalam materi di modul 3.2 ini, pertanyaan yang masih muncul di benak saya adalah: Β
Bagaimana seorang pemimpin dapat mengidentifikasi dan mengalokasikan sumber daya dengan bijak?
Apa peran pemimpin dalam memastikan adanya tanggung jawab sosial dalam pengelolaan sumber daya?
Bagaimana seorang pemimpin dapat mengukur dan mengevaluasi hasil pengelolaan sumber daya?
Poin Tugas
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan βPemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Dayaβ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.
Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Bapak/Ibu CGP mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara kolaboratifΒ agar semua warga sekolah dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dapat dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya. Dokumentasi dari proses ini akan dinilai pada kunjungan pendampingan individu ke-6.Β
Tautan Tugas - Klik Disini
"Sebagai pemimpin pembelajaran, kita dapat menciptakan perubahan yang nyata dengan menginspirasi siswa, menggali impian mereka, dan merencanakan perubahan bersama. Bersama-sama, kita mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar."
Β Β