Modul 3.3
Modul 3.2 membahas tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin
Poin Tugas
CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:
kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
Tautan Tugas Mandiri - Klik Disini
Tautan Tugas Forum Diskusi - Klik Disini
Poin Tugas
Ruang Kolaborasi Modul 3.2
Berdasarkan pemahaman mereka terhadap konsep kepemimpinan murid, CGP akan bekerja dalam kelompok membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.
Tautan Tugas Mandiri - Klik Disini
Poin Tugas
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Setelah memaknai konsep dalam materi di modul 3.3 ini, pertanyaan yang masih muncul di benak saya adalah:
Bagaimana memastikan bahwa program-program yang direncanakan relevan dengan kebutuhan dan harapan murid, serta berusaha untuk menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua siswa?
Poin Tugas
CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.
Tautan Tugas - Klik Disini / Klik Disini
“Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik”
(Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best).
Bob Talbert