Modul 1.1
Modul 1.1 membahas tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara
Poin Tugas
Tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD
Harapan dan Ekspetasi pada murid
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Apa intisari pemikiran KHD tentang pendidikan?Β Β
Bagaimana Anda memandang diri Anda sebagai pembelajar (guru) dan pemelajar (murid) jika dikaitkan dengan pemikiran KHD?
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.Β
Mendiskusikan pemikiran KHD yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal sosial budaya daerah asal AndaΒ
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asalΒ
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Setelah memaknai konsep dalam materi di modul 1.1 ini, pertanyaan yang masih muncul di benak saya adalah: Β
Bagaimana melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan dan mewujudkan konsep pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara secara efektif dalam konteks pendidikan modern saat ini?Β
Poin Tugas
Mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asalΒ
Tautan Tugas - Klik Disini
Perlu penyusunan materi yang lebih beragam sesuai karakteristik siswa.
Memberikan ruang dan peran yang lebih besar kepada murid, sehingga semua menjadi subyek pembelajaran.
Membiasakan nilai-lilai profil pelajar pancasila disetiap pembelajaran nantinya
Selalu melakukan refleksi disetiap akhir pembelajaran guna perbaikan di pembelajaran selanjutnya.
Tautan Tugas - Klik Disini
Β Β