Modul 2.1
Modul 2.1 membahas tentang memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Poin Tugas
telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?Β Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Tautan Tugas - Klik Disini
Pembelajaran Berdiferensiasi
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi
Miskonsepsi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi
Mengetahui Kebutuhan Belajar Murid (Kesiapan Belajar, Minat Murid,Β Profil belajar murid
Tautan Tugas - Klik Disini
2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Klik Disini
2.1.a.4.2. Unggah Tugas Eksplorasi Konsep - Klik Disini
Poin Tugas
Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah,
Apakah kebutuhan belajar murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut?
Bagaimana cara guru tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?
Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?
Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Buatlah rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran, atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring (online learning) atau luring (anda boleh memilih).
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Setelah memaknai konsep dalam materi di modul 2.1 ini, pertanyaan yang masih muncul di benak saya adalah: Β
Bagaimana merancang kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang baik dan sesuai kebutuhan murid (contoh mapel kejuruan untuk SMK), mungkin bisa dicontohkan alur dari awal sampai akhir.Β
Poin Tugas
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
Tautan Tugas - Klik Disini
Poin Tugas
Refleksi penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Dalam praktik pembelajaran beberapa waktu yang lalu, saya telah mempraktikkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas. Melalui pengalaman ini, saya merasakan dampak positif yang signifikan pada siswa dan lingkungan belajar secara keseluruhan. Beberapa hal yang telah saya pelajari dan alami adalah:
Siswa lebih bersemangat eksplorasi materi berdasarkan gaya belajar mereka dengan penerapan diferensiasi konten
Siswa menjadi lebih interaktif dan kolaboratif dalam pembelajaran
Tantangan pelaksanaan adalah perlu usaha ekstra untuk memastikan semua siswa mendapatkan perhatian yang cukup, sementara tetap menjaga fokus dan kedisiplinan
Β Β